Di balik semangat Animasi Squad, ada mimpi yang terus menyala — salah satunya adalah bisa belajar langsung di dunia industri. Tahun 2025 ini, siswa Anim Gen3 akan menapakkan langkah mereka di dunia nyata melalui kegiatan Praktik Kerja Lapangan (PKL).
Berikut tiga industri yang siap menjadi ruang belajar, ruang eksplorasi, dan ruang pembuktian bakat Animasi Squad:
1. CV. Pajenang

Bidang: Percetakan & Media Publikasi Cetak
Lokasi: Sumbawa Besar
CV. Pajenang bukan hanya tempat cetak spanduk. Ini adalah rumah produksi visual yang akrab dengan deadline, komposisi warna, dan permintaan klien yang beragam.
Bagi siswa Anim Gen3, tempat ini adalah laboratorium nyata untuk mengasah skill desain digital, tata letak (layout), dan kolaborasi antar-tim produksi.
Apa yang dipelajari siswa?
- Mendesain banner, merchandise, dan media promosi
- Menyusun dokumen pra-cetak
- Mengenali proses finishing cetak
2. Mazda Print

Bidang: Desain & Percetakan Komersial
Lokasi: Sumbawa Besar
Mazda Print terkenal di kalangan sekolah dan instansi karena layanannya yang lengkap: mulai dari desain undangan, cetak buku tahunan, brosur, hingga sablon merchandise.
Di sini, siswa akan terlibat langsung dalam proyek nyata yang menuntut kerapihan, kecepatan, dan kemampuan estetika yang aplikatif.
Apa yang dipelajari siswa?
- Desain untuk percetakan massal
- Workflow desain dari konsep ke hasil akhir
- Komunikasi klien dan revisi desain
3. Sonic Digital Printing

Bidang: Percetakan Digital, ATK, & Jasa Fotokopi
Lokasi: Sumbawa Besar
Sonic adalah percetakan multifungsi yang tidak hanya melayani jasa cetak spanduk, tapi juga menjual alat tulis kantor (ATK), jasa pengetikan, cetak foto, dan dokumen.
Siswa PKL akan bersinggungan langsung dengan berbagai bentuk visual publik yang menuntut presisi dan pelayanan cepat.
Apa yang dipelajari siswa?
- Desain spanduk & layout cepat
- Konversi visual digital ke media cetak
- Pelayanan pelanggan dan efisiensi kerja
Kenapa Ini Penting?
Banyak yang berpikir siswa animasi hanya cocok PKL di studio animasi. Tapi kenyataannya, industri percetakan juga sangat relevan. Skill desain, penguasaan software, dan estetika visual sangat dibutuhkan. Ini adalah jalan tengah yang kuat — tempat untuk melatih kemandirian dan profesionalitas.
Harapan Jurusan
Kami berharap ketiga industri ini tidak hanya menjadi tempat magang, tapi menjadi mentor kreatif bagi siswa. Dengan pendampingan, proyek nyata, dan feedback berkala, siswa akan merasa dihargai, tertantang, dan siap bertransformasi.
Catatan
- PKL direncanakan selama 6 bulan
- Wilayah ini dipilih berdasarkan hasil positif dari PKL tahun sebelumnya
- Penempatan akhir disesuaikan dengan kondisi siswa dan izin orang tua
Animasi SMKN 1 Buer akan terus menjalin kolaborasi dengan berbagai pihak untuk memberikan ruang terbaik bagi siswa kami.
Dari studio, ke layar industri — kami melangkah bersama.